Selasa, 07 Mei 2013

Kualitas tepung ikan lokal

 Kualitas pabrikan tepung ikan di Indonesia masih relatif manual sehingga kualitas tepung ikan pun masih sulit untuk bisa tembus ke perusahaan pembuatan pakan yang notabenenya lebih banyak memasok tepung ikan dari luar,,

Berbagai alasan memang sangat logis bagi produsen pembuatan bahan baku pakan seperti pabrik tepung ikan, semisalkan saja sulitnya mendapatkan bahan baku ikan yang berprotein tinggi seperti ikan lemuru atau ikan tuna, terlebih lagi untuk mendapatkan protein yang cukup tinggi di perlukan alat yang berteknologi tinggi seperti steamer tepung ikan dan oven.

Di Indonesia masih jarang produsen yang menggunakan steam sebagai proses pengolahannya, dan untuk pengeringannya pun masih relatif menggunakan tenaga manual matahari sehingga memakan proses yang cukup lama terlebih lagi jika cuaca tidak mendukung.

Sulitnya mendapatkan bahan baku tidak hanya terjadi pada sektor peternakan saja, pada sektor pertanian pun cukup sulit untuk untuk mendapatkan beberapa bahan baku seperti jagung dan katul, hingga bulan2 kemarin harga katul yang biasanya hanya 2.000/kg mencapai harga 3.000/kg, dan harga jagung pun sampai mencapai angka 3.800/kg. 

Sulitnya mendapatkan bahan2 baku inilah yang menimbulkan harga pakan ternak di pasaran melambung tinggi, dan imbasnya adalah para peternak yang harus merogoh kocek dalam2 untuk membeli pakan yang di butuhkan.

JAYALAH PENGUSAHA MUDA INDONESIA

3 komentar:

  1. saya ingin belajar usaha, ingin jual dedak padi di daerah cirebon. kemana saya harus menjualnya, punya koneksi ga gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih jual dedak mas Edi...? Cirebon,,,,tepatnya dimana mas...?

      Hapus
  2. Saya ingin usaha jual tepung ikan dimana jualnya ya????

    BalasHapus