Senin, 28 November 2011

tepung ikan (fish meal)

Add caption
Setelah hampir setahun mempelajari pembuatan tepung ikan dan memasarkannya, sedikit demi sedikit saya temui berbagai kelebihan di balik pembuatan tepung ikan. wajar saja harga ikan fresh relatif tinggi karena tersimpan berbagai kandungan yang sangat berguna untuk perkembangan baik untuk manusia ataupun perkembangan ternak

Pada umumnya telah diketahui bahwa kandungan protein ikan dapat meningkatkan daya kerja otak pada kerja manusia, sehingga tidak salah juga jika banyak yang mengatakan kalau orang jepang pintar2 karena sering mengkonsumsi ikan yang masih segar.

Ikan-ikan tertentu mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi yang dapat di manfaatkan sebagai ladang komersial para pelaku bisnis, seperti para produsen tepung ikan yang memanfaatkan banyaknya ketersediaan ikan untuk di olah menjadi tepung ikan yang di gunakan sebagai bahan sumber protein pada pembuatan pakan ternak.
Sekarang ini kebutuhan tepung ikan di indonesia sudah melewati angka 150.000 ton per tahun, dan sebagian besar tepung ikan itu sendiri di impor dari negara luar seperi chili dengan pertimbangan jaminan kualitasnya yang cukup baik. sedang para pelaku industri tepung ikan lokal hanya mampu memenuhi kebutuhan sebagian kecil saja di karenakan kualitas tepung ikan lokal yang memang masih berkualitas rendah.

Banyaknya faktor yang mempengaruhi kualitas tepung ikan itu sendiri menjadi alasan susahnya mendapatkan hasil yang maksimal dalam pengolahan tepung ikan, semisalnya harga ikan yang mash fresh cukup tinggi, sehingga mereka lebih memilih ikan yang sudah tidak fresh (tidak layak konsumsi) karena harganya yang relatif jauh lebih murah dibandingkan harga ikan yang masih fresh, dan yang cukup signifikan pada pengaruh kualitas tepung ikan adalah pada proses pengolahannya.

Setelah mempelajari proses pembuatan tepung ikan baik secara langsung dan melalui bebagai sumber media, pembuatan tepung ikan terbaik saya dapatkan dari tempat produksinya yang secara tidak langsung saya temukan beberapa kelebihan dan kekurangan dari masing masing tempat produksi tersebut. yang cukup mengagetkan adalah ketika awal-awal saya belajar, beberapa produsen hanya menggunakan teknik pengukusan (steam), pengeringan, dan diakhiri dengan proses penggilingan. dan pada pertengahan saya memempelajari pembuatan tepung ikan, saya mendapatkan sebuah produsen yang menggunakan teknik pengepressan (pressing teknik) dalam proses pengolahannya pula, ternyata pengepressan itu sendiri bertujuan menghilangkan kadar lemak yang terkandung pada ikan tersebut sekaligus berguna sebagai peningkatan kadar protein. tidak lepas dari itu hasil pengepressan ikan yang telah di kukus (steam) tersebut yang berupa minyak ikan yang mengandung asam lemak tidak jenuh yang dapat di jadikan sumber vitamin A yang baik untuk meningkatkan kecerdasan manusia.

1 komentar:

  1. malam pak,tepung nya berapa % sy peternak ikan mas di cirata ? kalo bagus sy boleh minta sample nya sedikit saja?

    BalasHapus